Pendekatan Sistem : Jaringan Kerja dan PERT
A. Definisi Konseptual
Gordon B. Darvis, system
is a set of elements that are interconnected and affect each other in a certain
environment. Sistem
adalah seperangkat unsur yang saling berhubungan dan saling memengaruhi dalam
satu lingkungan tertentu.
Raymond McLeod, system
is a group of integrated elements to achieve a goal. sistem adalah sekelompok elemen yang
terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan.
Dari pengertian-pengertian para ahli diatas dapat kita sintesakan bahwa, sistem adalah sekelompok elemen yang saling berhubungan dan saling memengaruhi untuk mencapai suatu tujuan.
C. Pembahasan
a.
Pengertian Pendekatan Sistem dan Jaringan Kerja
Pendekatan sistem adalah
pendekatan yang berlandaskan pada cara berfikir sistematik atau logis untuk memecahkan suatu masalah dalam organisasi. Dan pada dasarnya jaringan kerja merupakan suatu perencanaan kerja yang menggunakan cara berpikir sistem atau pendekatan sistem yang melihat pekerjaan sebagai salah satu sub sistem dari suatu sistem secara keseluruhan. Perencanaan jaringan kerja ini berguna bagi para pemimpin untuk mengarahkan dan menetapkan tanggung jawab permasing-masing bidang fungsional.
b.
Penggunaan, Keuntungan dan Tahapan-Tahapan Jaringan Kerja
Penggunaan jaringan kerja digunakan untuk kegiatan proyek yang memerlukan jaringan kerja dan
analisis jaringan yang terperinci. Adapun penggunaanya sebagai berikut :
- Proyek-proyek kompleks dengan multi kegiatan yang saling bergantung.
- Proyek besar yang banyak melibatkan orang, serta menggunakan sarana dan prasarana, waktu dan dana dalam jumlah yang sangat besar pula.
- Proyek yang memerlukan koordinasi antar departemen atau antar pejabat.
- Proyek yang memerlukan informasi padat atau kontiniu.
- Proyek-proyek yang harus diselesaikan dalam waktu yang tepat dan biaya yang terbatas
- Keharusan menggambarkan logika ketergantungan dari setiap kegiatan dalam jaringan kerja, memaksa kita untuk merencankan suatu proyek secara lebih detail.
- Dalam jaringan kerja ditunjukan dengan jelas penyelesaian kegiatan yang kritis dan tidak kritis, sehingga memungkinkan pengaturan waktu, usaha, dan perhatian tertentu secara lebih intensif.
- Perencanaan Jarigan kerja sangat membantu dalam komunikasi.
- Dengan prencanaan jaringan kerja dapat dimungkinkan pelaksanaan proyek secara lebih ekonomis, dan tidak ragu-ragu dalam mendayagunakan berbagai sumber yang dibutuhkan.
PERT adalah singkatan dari programme
evaluation and review technicue ( Teknik Pengevaluasian dan Peninjauan
kembali).PERT secara fundamental merupakan representasi diagramatik sebagaimana
suatu alat grafik bagi manajemen.
d. Metode PERT
Metode PERT adalah salah satu metode
pengelolaan yang merupakan alat bagi seorang pimpinan untuk menghasilkan suatu
perencanaan yang baik dan lengkap serta berfungsi, dalam melakukan pengawasan.
2 elemen dasar PERT yaitu kejadian dan peristiwa. dimana kejadian merupakan bagian dai proyek yang menggunakan waktu, tenaga, dana dan sumber lainnya, sedangkan peristiwa merupakan saat permulaan atau akhir dari tugas.
e. Kegunaan PERT
Kegunaan PERT secara rinci adalah sebagai berikut :
- Dengan adanya hubungan ketergantungan yang logis dari masing-masing kegiatan jaringan kerja, maka para manjer, administrator haruslah mengadakan perencanaan terinci. sebelum suatu proyek dilaksanakan.
- Dengan adanya peristiwa atau event yang menunjukkan selesainya suatu kegiatan yang diakibatkan oleh suatu atau lebih kegiatan.
- Pada jaringan kerja dapat digambarkan dengan jelas kegiatan-kegiatan yang mempunyai waktu pelaksanaan kritis dan kegiatan-kegiatan yang tidak kritis.
- Gambaran suatu jaringan kerja memberikan bantuan yang sangat penting dalam komunikasi.
- Jaringan kerja memberikan kesempatan untuk memilih pelaksanaan atau kegiattan lebih ekonomis dari segi pembiayaan, kepastian menggunakan sumber dan sebagainya.
Contoh PERT |
0 komentar: