Evaluasi
Definisi Konseptual
- Menurut Bloom et. Al (1971) “Evaluation, as we see it, is the systematic collection of evidence to determine whether in fact certain changes are taking place in the learners as well as to determine the amount ar degree of change in individual student”. Evaluasi, sebagaimana kita lihat, adalah pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataan terjadi perubahan diri siswa dan menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam pribadi diri siswa.
- Menurut Stufflebeam et. Al (1997) “Evaluation is the process of delineating, obtaining, and providing useful information for judging decision alternatives”.Evaluasi merupakan proses menggambarkan memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan.
Pembahasan
a) Pengertian Evaluasi
Pengertian evaluasi dituliskan dalam kamus Oxford Advanced Learne’s Dictionary of Current English (AS Hornby, 1986). “Evaluation is to find out, decided the amount or value”. Evauasi adalah upaya untuk menentukan nilai atau jumlah. Dengan melakukan evaluasi, peneliti dapat menentukan nilai sesuatu baik berupa program ataupun produk.
Menurut Komite Studi Nasional tentang evaluasi (National Study Committee on Evaluation) dari UCLA yang telah dikutip oleh Widoyoko, menyatakan bahwa : “Evaluation is the process of ascertaining the decision of concern, selecting appropriate information, and collecting and analyzing information in order to report summary data useful to decision makers in selecting among alternatives”. Evaluasi merupakan suatu proses atau kegiatan pemilihan, pengumpulan analisis dan penyajian informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan serta penyusunan program selanjutnya.
Dalam evaluasi selalu mengandung proses. Proses evaluasi harus tepat terhada tipe tujuan suatu kegiatan yang mengukur derajat, dimana suatu tujuan dapat dicapai. Sebenarnya evaluasi juga merupakan proses memahami, member arti, mendapatkan, dan mengkomunikasikan suatu informasi bagi keperluan pengambilan keputusan.
Berdasarkan Pengertian evaluasi diatas dapat disintesakan bahwa evaluasi adalah sebuah proses penilaian yang dilakukan oleh peneliti untuk menentukan baik buruknya suatu program yang nantinya akan mempengaruhi sebuah keputusan guna memperbaiki penyusunan program selanjutnya.
b) Fungsi Evaluasi
Tiga macam fungsi poko evaluasi, yaitu :
- Mengukur kemajuan
- Menunjang penyusunan rencana, dan
- Memperbaiki atau melakukan penyempurnaan kembali.
Sedangkan secara administrative, evaluasi pendidikan memiliki tiga macam fungsi, yaitu :
- Memberikan laporan
- Memberikan berbagai bahan keterangan (data)
- Memberikan gambaran
c) Syarat-Syarat Evaluasi
Syarat-Syarat evaluasi, adalah :
- Sahih (Valid)
- Terandalkan (Reliable)
- Obyektif
- Seimbang
- Membedakan
- Norma
- Fair
- Praktis
Kedelapan syarat tersebut perlu dimiliki oleh suatu evaluasi yang baik walaupun dalam derajat yang berbeda-beda.
0 komentar: