Konsep Dasar Manajemen
Definisi Konseptual- Mary Parker Follet (1997)
- A.F. Stoner (2006)
- Thomas H. Nelson
- G.R. Terry
- Prof. Drs. Oei Liang Lie
Pembahasan
- Pengertian Manajemen
Manajemen dalam arti luas juga mempunyai pengertian sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian (P4) sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Manajemen dalam arti sempit adalah manajemen sekolah atau madrasah yang meliputi: perencanaan program sekolah/madrasah, pelaksanaan program sekolah/ madrasah, kepemimpinan kepala sekolah/madrasah, pengawas/evaluasi, dan sistem informasi sekolah/madrasah.
Pengertian manajemen secara umum adalah ilmu dan seni dalam mengatur, mengelola, dan mengkoordinasi yang bertujuan untuk melakukan suatu tindakan guna mencapai tujuan.
- Konsep Dasar Manajemen
- Manajemen sebagai ilmu
- Manajemen sebagai seni
- Manajemen sebagai profesi
- Manajemen sebagai proses
- Fungsi Manajemen
- Planning (Perencanaan)
Perencanaan bertujuan untuk :
- Standar pengawasan, yaitu mencocokkan pelaksanaan dengan perencanaannya
- Mengetahui kapan pelaksanaan dan selesainya suatu kegiatan
- Meminimalkan kegiatan-kegiatan yang tidak produktif dan menghemat biaya, tenaga, dan waktu
- Alat memudahkan dalam berkoordinasi dengan pihak terkait
- Menghemat pemanfaatan sumber daya organisasi
- Membantu manajer menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
- Organizing (Pengorganisasian)
- Actuating (Pengarahan)
Tujuan Pengarahan :
- Menjamin kontinuitas perencanaan
- Membudayakan prosedur standar
- Menghindari kemangkiran yang tak berarti
- Membina disiplin kerja
- Membina motivasi terarah
- Controling (Pengontrolan)
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.
Kegiatan dalam Pengawasan dan Pengadilan
ü Mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target bisnis sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
ü Mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang mungkin ditemukan
ü Melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian tujuan dan target bisnis.
0 komentar: